Dewan Pengurus Daerah
PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
Kota Surabaya

Peringati Hari Keluarga Nasional, PKS Gelar Senam go PKS go Serentak Se Surabaya

Peringati Hari Keluarga Nasional, PKS Gelar Senam go PKS go Serentak Se Surabaya

Oleh: Novita Ratna Andadari

Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Kota Surabaya menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) bertajuk "PKS Menyapa Keluarga Indonesia" secara serentak di 21 titik Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang tersebar di seluruh kecamatan Surabaya, Ahad (3/7/2022).

Tiap-tiap titik RKI menggelar berbagi kegiatan yang beragam, mulai dari kegiatan senam sehat Go PKS Go, RKI peduli dengan berbagi lauk dan sayur untuk keluarga Surabaya, tes kesehatan, bazar murah, berbagi bingkisan bahan makanan, khotmil Qur'an, dan ada pula yang mengadakan pelatihan tentang hukum pelayanan publik.
Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ini menjadi momentum PKS untuk menguatkan keluarga-keluarga di Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting PKS Jawa Timur dan PKS Kota Surabaya. Ada Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Jatim, Lina Ariani, Anggota Fraksi PKS DPRD Jatim, Lilik Hendarwati, Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan, Sekretaris DPD PKS Kota Surabaya sekaligus Ketua Fraksi PKS DPRD Surabaya, Cahyo Siswo Utomo, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PKS, Reni Astuti, dan juga Ketua BPKK PKS Surabaya, Enny Minarsih. Masing-masing hadir di berbagai tempat berbeda.

Dalam sambutannya, Lina Ariani, Ketua BPKK PKS Jatim, menyampaikan keluarga memiliki peran dalam mencetak generasi dan berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang baik. "Peran keluarga dalam mencetak generasi-generasi berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang baik, menjadi cikal bakal keberhasilan pembangunan perbaikan bangsa dan negara," ujarnya.

Sementara itu, Johari Mustawan, Ketua DPD PKS Surabaya, mengatakan keluarga adalah harta paling berharga, rawat keluarga dengan ketulusan dan dedikasi, kematangan beragama dan bermasyarakat. "Keluarga kokoh, lahirkan generasi kuat, bahagia dan bertakwa," ujar Bang Jo, sapaan akrab Johari Mustawan.

Yang unik, di salah satu titik RKI di Kecamatan Tandes, Tim BPKK 'menjemput bola' dalam program PKS Menyapa Keluarga Indonesia. Satu per satu tim BPKK Tandes mengetuk pintu warga yang sudah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA PKS) dan memberikan kejutan bingkisan kebahagiaan ke rumah-rumah anggota tersebut. Ternyata dengan 'menjemput bola' tersebut, memunculkan vibes tersendiri bagi warga Surabaya tepatnya di Kelurahan Banjarsugihan dan Kelurahan Balongsari yang dikunjungi tim BPKK Tandes yang menular hingga membuat tetangga yang lainnya ingin bergabung bersama PKS.

Salah satu kepala keluarga bergabung mendaftar anggota PKS

Berbeda halnya dengan titik RKI di kecamatan Genteng Surabaya dimana titik ini merupakan titik baru yang di launching pada peringatan Harganas kali ini. Meskipun titik baru, kegiatan yang digelar di balai RW di Pecindilan Kecamatan Genteng, ini dihadiri puluhan keluarga yang memenuhi gang kampung untuk ikut senam. Mulai dari usia muda sampai ibu-ibu juga beberapa kepala keluarga turut menyemarakkan senam Go PKS Go.


Enny Minarsih Ketua BPKK DPD PKS Surabaya secara spontanitas menutup sambutannya dengan parikan terimakasih kepada warga RW 02 dan RW 05 Kelurahan Kapasari Kecamatan Genteng, "Pecindilan Kapasari
warganya menawan dan baik hati, Pecindilan Kapasari sekian dan terimakasih", ujar Enny.

Setelah senam, ada beberapa titik menggelar penyuluhan kesehatan. Salah satu penyuluhan kesehatan disampaikan oleh dr. Santi.
Berikut tips sehat pada peringatan Hari Keluarga Nasional kali ini:

  1. Menjaga menu makan.
  2. Melakukan olahraga bersama keluarga untuk menjaga kebugaran tubuh.
  3. Sehat itu bukan hanya fisik saja. Tetapi juga menjaga hubungan dengan Allah.
  4. Menjaga kehidupan sosial agar sehat secara sosial.

Menjelang siang, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian doorprize bagi peserta yang bisa menjawab quiz dari panitia.

Peserta yang hadir merasa senang dengan gelaran acara Hari Keluarga Nasional kali ini. Bu Agus salah satunya, mengungkapkan kegembiraan nya. "Terimakasih PKS sudah memberikan bingkisan keluarga di Hari Keluarga Nasional," ungkapnya.

Gelaran acara ditutup dengan pembagian puluhan bingkisan bagi keluarga.***


DEWAN PENGURUS DAERAH
PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
KOTA SURABAYA
Jl. Tales V No. 3
Kelurahan Jagir, Kec. Wonokromo
Surabaya 60244
crossmenuchevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram